-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

loading...

Contoh Bentuk & Model Surat Yang Benar Dan Diakui

Bentuk-bentuk model surat menjadi penting untuk kita pahami khususnya untuk kalian yang pekerjaanya berhubungan dengan surat menyurat. Ini agar nantinya tidak terjadi salah paham ketika mendapati bentuk surat yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya.

Penerapan bentuk model surat bertujuan;
  1. Agar surat lebih rapi
  2. Agar indah dan enak dibaca
  3. Agar surat memiliki ciri khas yang berbeda dari bentuk tuisan lainya
  4. Untuk memudahkan orang dalam memahami
  5. Agar orang mengerti bahwa lembaran tersebut adalah surat
  6. Dll.
Setidaknya ada 6 (enam) bentuk atau model surat yang sering dipakai di Indonesia, model surat ini penerapannya tergantung dari jenis surat yang dibuat sehingga semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Arti dari bentuk surat sendiri dapat dipahami dari pengertiannya. Bentuk surat (style) adalah tata letak bagian - bagian surat, yaitu dari kepala  surat sampai dengan inisial surat. Ia menyiratkan segi estetika serta kepraktisan.

Sedangkan bentuk (style) surat yang terbagi menjadi 6 (enam) bentuk tersebut meliputi;  intended style yang dikenal sebagai bentuk lama, sedangkan bentuk lurus (block style) merupakan dengan bentuk baru. Kedua bentuk itu mempunyai beberapa variasi sehingga terdapat enam bentuk surat.

Dan berikut ini adalah contoh model bentuk surat yang benar dan umum dipakai oleh mereka para pembuat surat.

1. Bentuk lurus penuh (full block style)


Bentuk surat lurus penuh - full block style


2. Bentuk lurus (block style)

Bentuk surat lurus - block style


3. Bentuk setengah lurus 1  (semi block style)


Bentuk surat setenga lurus - semi block style


4. Bentuk setengah lurus 2  (semi block style 2)


Bentuk surat setengah lurus 2 - semi block style2


5. Bentuk lekuk  (intended style)


Bentuk surat lekuk - intended style


6. Bentuk paragraf menggantung (hanging paragraf style)

Bentuk surat hanging paragraf style

Bentuk & Model surat diatas tentunya dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan baik penulisan atau penerapannya. Semoga apa yang inicontoh.com bagikan kali ini memberikan manfaat buat pembaca.

Previous
Next Post »
loading...