Contoh pendahuluan[2] di bawah ini dibutuhkan dapat memperlihatkan gambaran pembuatan peran bab 1 makalah , karya ilmiah atau skripsi Anda. Bagian yang paling pokok diperhatikan yaitu kerangka-kerangka pembangunnya , yaitu :
1. Latar Belakang
2. Identifikasi Masalah
3. Rumusan Masalah
4. Tujuan Penelitian
5. Manfaat Penelitian
Contoh Pendahuluan Makalah Prestasi Pendidikan Siswa
A. Latar Belakang
Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam menyiapkan SDM bagi upaya pembangunan bangsa dan negara. Di sisi lain kemajuan akan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan pertumbuhan dan perubahan ke arah yang lebih kompleks. Sehingga hal ini juga menimbulkan banyak sekali problem sosial yang tidak diprediksikan sebelumnya. Salah satunya yaitu terjadinya kesenjangan antara hasil final dengan keinginan yang diinginkan.
Untuk mengatasi hal mirip itu , Perlu adanya perhatian dan partisipasi dari seluruh pihak terkait. Pembangunan pendidikan seharusnya diutamakan alasannya suatu kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari kemajuan pendidikan di negera itu sendiri. Oleh alasannya itu komponen-komponen yang terkait dalam proses pendidikan mirip siswa , guru , administrasi , proses belajar mengajar , layanan serta sarana penunjang lainnya harus dapat terkoordinir dan dapat berafiliasi dengan baik.
Pendidikan bukan hanya tanggung jawab siswa dan tenaga pendidik saja tetapi juga termasuk orang tua siswa , masyarakat dan pemerintah.
Dengan demikian dibutuhkan pendidikan dapat difungsikan untuk mencerdaskan dan membentuk insan seutuhnya yaitu insan yang bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa.
Di sisi lain timbul problem penting tersendiri dalam pendidikan itu sendiri yaitu prestasi belajar siswa yang sangat tidak seimbang dengan perjuangan mencerdaskan bangsa. Rendahnya kualitas lulusan menjadi sorotan paling tajam , Prestasi belajar antara siswa yang satu dengan lain tampak sangat berbeda.
Hal ini dapat terjadi alasannya dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal yaitu faktor yang asalnya dari diri siswa itu sendiri yang meliputi intelegensi , minat dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar , yaitu faktor lingkungan pendidikan , faktor keluarga , faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat. Prestasi belajar yang berkualitas hanya dapat dicapai melalu i pembelajaran dengan mutu yang tinggi sebagai titik utama proses belajar-mengajar.
Seorang siswa memiliki keterkaitan bersahabat dengan lingkungan pendidikan , Apabila lingkungan pendidikannya baik maka baik pula prestasi belajarnya. Sebaliknya apabila lingkungan pendidikannya buruk maka akan buruk pula prestasi belajarnya.
Faktor lingkungan keluarga juga sangat mensugesti dibandingkan dengan faktor lain. Keluarga yang menanamkan benih-benih pendidikan semenjak usia dini akan memperlihatkan kebiasaan yang baik terhadap si anak. Dalam hal ini rrang tua memperlihatkan peranan penting sebagai lembaga pendidikan tersendiri di dalam keluarga. Tingkat pendidikan orang tua serta sosialisasi dan penerapan pola-pola pendidikan yang terjadi di dalam keluarga akan memperlihatkan dampak kasatmata terhadap prestasi siswa itu sendiri.
Lingkungan sekolah yang memperlihatkan pengaruh prestasi belajar siswa meliputi sarana dan prasarana belajar di kelas dan lingkungan fisik sekolah. Perhatian sekolah pad a kelengkapan belajar siswa di kelas merupakan salah satu faktor yang mensugesti kondisi belajar siswa.
baca juga : Contoh Kesimpulan dan Saran Pada Bab Penutup Makalah / Skripsi[3]
B. Identifikasi Masalah
Sesuai dengan latar belakang di atas dan survey yang telah dilakukan di SMK se-Kabupaten Saungsaung maka dapat diidentifikasikan beberapa permasalahan. Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Otomotif SMK se-Kabupaten Saungsaung hingga ketika ini masih sangat memprihatinkan.
Masih terdapat banyak siswa yang prestasi belajarnya sangat minim dan tidak memuaskan. Adanya kebiasaan belajar yang kurang baik , kemudahan belajar di rumah maupun di sekolah yang sangat minim. Masih banyak orang tua yang tidak perduli dengan prestasi pendidikan anak-anaknya. Kondisi ekonomi orang yang kurang baik , lingkungan sosial yang kurang mendukung dalam proses belajar. Selain itu motivasi dan kesadaran siswa dalam belajar masih kurang.
Artikel lainnya : Cara Penulisan dan Kumpulan Contoh Daftar Pustaka[4]
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi problem yang dikemukakan di atas maka yang menjadi rumusan problem dalam peneltian ini yaitu apakah terdapat kekerabatan antara lingkungan keluarga , lingkungan sekolah , lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa SMK se-Kab upaten Saungsaung ?
D. Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitan ini yaitu untuk mengetahui kekerabatan lingkungan keluarga , lingkungan sekolah , lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa SMK se-Kabupaten Saungsaung
E. Manfaat Penelitian
1. Manfaat Teoritis
a. Memberikan gambaran perihal pengaruh lingkungan pendidikan terhadap prestasi belajar siswa.
b. Bahan berita untuk mengambil keputusan untuk mengektifkan proses belajar mengajar demi meningkatkan prestasi belajar siswa.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi Peneliti
Untuk dijadikan pola profesi peneliti sebagai pendidik
b. Bagi SMK se-Kabupaten Saungsaung
Memberikan bantuan pemikiran dan evaluas kekerabatan antara lingkungan keluarga , lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Demikian contoh pendahuluan makalah , karya tulis ilmiah agar dapat memperlihatkan manfaat.
References
- ^ Hengki Kristianto (plus.google.com)
- ^ Contoh pendahuluan (westbatavia.blogspot.com)
- ^ Contoh Kesimpulan dan Saran Pada Bab Penu tup Makalah / Skripsi (westbatavia.blogspot.com)
- ^ Cara Penulisan dan Kumpulan Contoh Daftar Pustaka (westbatavia.blogspot.com)
- ^ contoh surat (westbatavia.blogspot.sg)
- ^ Tweet (twitter.com)