Oleh alasannya yaitu hal itu , biasanya surat ini membuktikan bahwa anda merupakan salah satu pergawai yang baik selama masa kerja di perusahaan yang lama. Surat ini umumnya dikeluarkan oleh bagian kepegawaian / personalia disebuah perusahaan tertentu , namun juga tidak menutup kemungkinan pribadi dikeluarkan oleh administrator perusahaan.
Mengenai fungsinya , surat lamaran pekerjaan ini biasanya juga dilampirkan pada surat lamaran pekerjaan. Karena tidak sedikit perusahaan yang meminta surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Tujuannya tentu saja semoga mereka dapat memilih karyawan yang benar-benar berkualitas untuk perusahaan mereka. Surat pengalaman kerja sendiri dapat dikeluarkan bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari satu tahun.
Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa tips dalam membuat surat pengalaman kerja. Salah satu tipsnya yaitu surat yang anda buat atau lampirkan harus mengandung beberapa unsur mirip yang ada di bawah ini. Apa saja kira-kira? Mari simak ulasan lengkapnya.
1. Kepala Surat
Unsur yang pertama yaitu Kepala Surat , dalam kepala surat harus tercantum nama perusahaan , alamat , nomor telepon , website dan email (apabila ada)
2. Nomor Surat
Unsur yang berikutnya yaitu nomor surat. Apabila mencantumkan nomor surat , pastikan surat tersebut dibuat dalam waktu akrab .
3. Pengesahan
Pengesahan yaitu hal yang penting. Dalam surat ini diharapkan juga keterangan mengenai orang yang mengesahkan surat pengalaman kerja tersebut yang meliputi , nama , jabatan dan alamat yang ditulis dengan benar dan tepat.
4. Isi surat
Yang selanjuntya yaitu isi surat. Isi surat merupakan keterangan perihal karyawan bersangkutan yang juga meliputi nama , alamat , rentang waktu ia bekerja serta pernyataan-pernyataan pendukung lainnya.
5. Tanda tangan dan stempel (jika ada)
Untuk lebih jelasnya , di bawah ini kami berikan sebuah referensi surat pengalaman kerja.
Dina Mentari , S.H