MEMO adalah surat pendek dan ringkas yang ditulis dengan singkat, isinya jelas dan mudah dipahami. Memo dibuat oleh seseorang baik selaku pribadi atau pemegang jabatan tertentu dalam kedinasan ditujukan kepada orang lain atau bawahan dalam kedinasan berisi tentang pesan, instruksi, perintah dan sebagainya.
Secara umum memo terbagi menjadi dua sifat yatu memo resmi dan memo tidak resmi. Memo resmi yaitu memo yang dibuat oleh atasan kepada bawahan dalam urusan kedinasan. Sedangkan memo tidak resmi yaitu memo yang dibuat oleh seorang pribadi kepada orang laian, bisa untuk saudara, teman, pacar dan lainya.
Dalam pembuatan memo yang baik dan benar, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi syarat memo agar jelas dan benar serta mudah diterima oleh sang penerima memo.
Ada bagian-bagian poenting dalam memo yaitu:
Kepala memo, yang terdiri atas : Nama Alamat Lambang atau Logo Instansi
Badan isi memo / berupa pesan singkat ( bisa memberikan perintah, informasi atau laporan)
Kaki memo berupa tanda tangan dan nama jelas pembuat memo.
Langkah-langkah Penulisan Memo yang baik dan benar
Kepada : Seluruh pegawai KSU Bina Usaha Mandiri
Guna meningkatkan pendapatan kantor dan peningkatan pelayanan kepada nasabah, diharapkan seluruh karyawan agar lebih disiplin dan datang tepat waktu serta berlaku baik dan ramah kepada seluruh nasabah.
Buat Adikku tercinta
Mulai hari minggu sampai senin besok kakak akan lembur di kantor, sudah dipastikan bahwa kakak akan pulang larut malam, jadi moho
Dalam pembuatan memo yang baik dan benar, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi syarat memo agar jelas dan benar serta mudah diterima oleh sang penerima memo.
Ada bagian-bagian poenting dalam memo yaitu:
Kepala memo, yang terdiri atas : Nama Alamat Lambang atau Logo Instansi
Badan isi memo / berupa pesan singkat ( bisa memberikan perintah, informasi atau laporan)
Kaki memo berupa tanda tangan dan nama jelas pembuat memo.
Langkah-langkah Penulisan Memo yang baik dan benar
- Menyiapkan Blangko Memo Yang akan kita gunakan.
- Penulisan boleh di ketik atau tulisan tangan.
- Menyampaikan pesan atau instruksi menggunakan bahasa yang tepat dan singkat.
- Menandatangani dan menyertakan nama jelas pembuat memo.
- Surat khusus yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi
- Dilihat dari peredarannya, sebuah kantor atau organisasi dapat menyampaikan memo secara horizontal maupun secara vertikal.
- Penyampaian secara horizotal merupakan penyampaian memo kepada pihak yang memiliki jabatan setara.
- Penyampaian secara vertikal merupakan penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu
- Merupakan bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal.
- Memiliki bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, terutama dalam isi surat.
- Karena pedarannya yang terbatas, memo biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos, secara lengkap.
Contoh Memo Resmi
KOP LEMBAGA/INSTANSI
Kepada : Seluruh pegawai KSU Bina Usaha Mandiri
Guna meningkatkan pendapatan kantor dan peningkatan pelayanan kepada nasabah, diharapkan seluruh karyawan agar lebih disiplin dan datang tepat waktu serta berlaku baik dan ramah kepada seluruh nasabah.
Semarang, 28 Maret 2014
Manajer
ENDANG SUBONO
Manajer
ENDANG SUBONO
Contoh Memo Tidak Resmi
Buat Adikku tercinta
Mulai hari minggu sampai senin besok kakak akan lembur di kantor, sudah dipastikan bahwa kakak akan pulang larut malam, jadi moho
Semarang, 28 Maret 2014
Manajer
ENDANG SUBONO
Manajer
ENDANG SUBONO
Contoh Memo Tidak Resmi
Buat Adikku tercinta
Mulai hari minggu sampai senin besok kakak akan lembur di kantor, sudah dipastikan bahwa kakak akan pulang larut malam, jadi mohon Adik menggantikan sementara tugas kakak di rumah ya.
Kakakmu
BAGUS ADIGUNA
BAGUS ADIGUNA
Itulah contoh memo yang baik dan benar dari kumpulan contoh surat. Semoga dapat dipahami dan memberikan manfaat buat Anda semua.